jenis burung untuk dipelihara

Perhatikan, Jenis Burung Ini Dilarang untuk Dipelihara di Indonesia

Menurunnya spesies hewan langka membuat pemerintah dan organisasi perlindungan satwa ikut prihatin dengan kondisi tersebut. Angka tersebut terus berkurang setiap tahunnya akibat perburuan liar yang masih saja terus terjadi.

Pemerintah pun sampai memperbarui undang-undang perlindungan hewan langka ini agar masyarakat tak sembarang memeliharanya. Beragam burung endemik dan khas Indonesia juga ikut dilindungi dan dilarang untuk dipelihara.

 

Jenis Burung yang Dilarang untuk Dipelihara

Spesies hewan yang mayoritasnya bersayap ini merupakan salah satu hewan yang sangat dilindungi. Tak hanya langka, namun juga terancam punah. Burung-burung yang dilarang ini pun tak kalah mendapatkan perhatian dikalangan pecinta dan pelestari satwa, khususnya di Indonesia.

Dari banyaknya spesies burung, berikut adalah beberapa diantaranya yang dilarang untuk dipelihara.

  1. Burung Hantu

Memang tak banyak masyarakat awam yang tertarik memelihara hewan satu ini. Tapi jangan salah, beberapa penggemar hewan justru mencari burung hantu ini untuk dijadikan sebagai koleksi peliharaannya. Bahkan di beberapa tempat bebas diperjual belikan dengan harga yang murah.

Hewan nocturnal ini masih tergabung dalam suku strigidae. Di Indonesia sendiri tercatat bahwa ada sekitar 54 jenis burung hantu yang masuk dalam daftar dilindung dan jenis cepuk reban adalah yang paling murah dan laris dijual.

Jika perdagangan ini terus terjadi, maka akan dikhawatirkan burung hantu ini akan semakin langka dan ikut punah.

  1. Burung Elang

Menurut kelasnya, burung elang masuk kategori famili accipitridae. Hewan bersayap yang termasuk dalam jenis karnivora ini tidak semuanya boleh dipelihara.

Beberapa spesiesnya pun sudah terancam punah dan harus dilindungi, contohnya seperti jenis-jenis elang alap, elang rawa, elang jawa, elang flores, hingga elang bondol sekalipun.

  1. Burung Cenderawasih

Pernah mendengar the bird of paradise? Ya, julukan tersebut adalah milik burung cenderawasih. Semua orang mengenal hewan cantik asal daerah timur Indonesia ini dan tak sedikit pula yang tertarik untuk memeliharanya. Apalagi melihat bulunya yang menjuntai indah.

Burung yang termasuk dalam famili paradisaeidae tersebut pun juga ikut terseret dalam daftar satwa dilindungi. Perburuan ilegal membuat populasinya kian menurun dan sulit ditemukan di habitat aslinya sendiri.

Baca juga : Pentingnya Bandar Poker Gif Untuk Segi Entertainment!

  1. Burung Kakatua

Burung yang bernama latin cacatuidae ini juga cukup terkenal di Indonesia. Apalagi namanya pun dijadikan sebagai bagian dari sebuah lirik lagu anak-anak yang masih abadi dari zaman nenek moyang hingga sekarang.

Menurut daftar lampiran dari peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan republik Indonesia, ada 7 jenis kakatua yang dilindungi, yaitu kakatua putih, kakatua koki, kakatua tanimbar, kakatua maluku, kakatua rawa, kakatua jambul kuning, dan kakatua raja.

Oleh karena itu, jika sudah terlanjur memelihara ketujuh jenis tersebut tanpa izin dan sertifikat tertentu, sebaiknya serahkanlah pada pihak berwenang agar tak kena hukuman.

  1. Burung Beo

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis burung beo yang terkenal pandai menirukan cara manusia berbicara. Keunikannya ini membuat banyak orang ingin memilikinya. Namun, tahukah Anda bahwa kini burung beo tak bisa sembarang dipelihara?

Beberapa burung Beo yang tidak boleh untuk dipelihara seperti beo biasa (gracula religiosa), beo Nias (gracula robusta), dan beo Nusa Tenggara (gracula venerata). Khusus beo Nias, saat ini semakin jarang ditemui di habitat asalnya. Banyaknya orang yang berminat dengan jenis ini membuatnya kini terancam punah.

Kini Anda sudah mengetahui jenis burung yang dilarang untuk dipelihara. Diperlukan pula sertifikat khusus dan harus memenuhi syarat tertentu bila ingin benar-benar memeliharanya.

Oleh karena itu, wajib memperhatikan jenisnya dengan teliti sebelum membeli dan memelihara. Jangan sampai Anda terjerat undang-undang karena telah salah memilih burung peliharaan.

 

META

Judul: Perhatikan, Jenis Burung Ini Dilarang untuk Dipelihara di Indonesia

Deskripsi: ada beberapa jenis burung yang dilarang untuk dipelihara, khususnya yang dilindungi dan terancam punah

Keyword: –

 

error